KEUTAMAAN HAJI

Beranda / Keutamaan Haji / Adab dan Tata Tertib Berihram

Adab dan Tata Tertib Berihram

Jumat, 30/07/2021 14:38

Assalamu'alaikum Sahabat Syariah

Dalam berihram, ada sejumlah adab dan tata tertib yang harus diketahui dan ditaati oleh para jamaah haji, yakni: 

1. Membersihkan diri, diantaranya dengan memotong kuku, mencabut bulu ketiak, mandi, berwudhu, dan bagi laki-laki dapat memendekkan kumis, menyisir jenggot dan rambut. 

عَنْ زَيْدِ بْنِ ثَابِتٍ: أَنَّهُ رَأَى النَّبِيَّ تَجَرَّدَ لإِهْلاَلِهِ وَاغْتَسَلَ

Artinya:
"Dari Zaid bin Tsabit Radhiallaahu anhu, bahwasanya dia pernah melihat Nabi Shalallaahu alaihi wasalam menanggalkan pakaiannya untuk berihram dan beliau mandi."

2. Memakai minyak wangi sebelum menyatakan niat, baik pada tubuh ataupun pada belahan rambut serta pakaian ihram, meskipun setelah berniat bekas dan aroma minyak wangi itu masih ada.

 قَالَتْ عَائِشَةُ: (كُنْتُ أُطَيِّبُ رَسُوْلَ اللهِ لإِحْرَامِهِ حِيْنَ يُحْرِمُ، وَلِحِلِّهِ قَبْلَ أَنْ يَطُوْفَ بِالْبِيْتِ)
Artinya: 
'Aisyah Radhiallaahu anha berkata: 'Aku pernah memakaikan wangi-wangian kepada Rasulullah Shalallaahu alaihi wasalam untuk ihramnya ketika akan memulai ihram, dan setelah ber-tahallul sebelum beliau thawaf (ifadhah) di Baitullah."

3. Shalat dua rakaat dengan niat shalat sunah ihram.

كَانَ ابْنُ عُمَرَ إِذَا صَلَّى بِالْغَدَاةِ بِذِى الْحُلَيْفَةِ أَمَرَ بِرَاحِلَتِهِ فَرُحِلَتْ ثُمَّ رَكِبَ فَإِذَا اسْتَوَتْ بِهِ اسْتَقْبَلَ الْقِبْلَةَ قَائِمًا ثُمَّ يُلَبِّى …. وَزَعَمَ أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ فَعَلَ ذَلِكَ

Artinya:
"Adalah Ibnu 'Umar jika usai shalat di Dzul Hulaifah beliau memerintahkan untuk dipersiapkan untanya, maka dipersiapkanlah untanya, kemudian beliau menaikinya, jika telah berada diatasnya ia menghadap ke arah kiblat sambil berdiri lalu mengucapkan talbiyah untuk ber-ihram ……dan dia berkata bahwasanya Rasulullah Shalallaahu alaihi wasalam berbuat demikian. (HR Muslim dari Ibnu Umar).

Semuanya ini adalah adab sunnah saat ingin memulai rangkaian ibadah haji atau umrah, agar saat melakukan rangkaian berikutnya dapat melakukannya dengan maksimal penuh kesiapan. 

Semoga dalam keseharian kita juga dapat selalu mempersiapkan segala sesuatunya agar dapat maksimal melakukan aktifitas kita, Aamiin.

Wallahu A'lam bishshawaab.



MEDIA SOSIAL

HUBUNGI KAMI

14040